Wednesday 21 May 2014

Tips : Olah Raga Untuk Memperkuat Tangan Pengendara

Mengendarai motor off road (atau biasa kita sebut dengan Nge-Trail) ataupun berkendara dengan sepeda gunung (MTB or DH (Singkatan dari Down Hill)) bukan membutuhkan kekuatan kaki saja. Tetapi tangan yang menangani kemudi perlu dilatih dengan baik. Karena ngetril atau DH, tidak hanya menggandalkan kekuatan kaki untuk mengendalikan motor atau sepeda dengan baik. Dengan tangan yang kuat, daya gengam dari lengan sampai jari dapat mempertahankan kendali motor maupun sepeda, khususnya di permukaan medan yang tidak rata, terjal dan ber-alur. Olahraga untuk memperkuat lengan dan tangan dibawah ini hanya membutuhkan 2 buah beban dan 3 gerakan saja. Mudahkan,,, Mengunakan dumbbell atau beban sesuai daya tahan sendiri (beban juga bisa dibuat sendiri dari semen, atau barang lain yang mempunyai beban,,,,).

Gambar pertama lalukan mengangkat beban sampai 90 derajat  lebih dan lakukan sebanyak 5 x 4 jeda. Gambar ke 2 membalik dumbbell lakukan sebanyak 15 x 3 jeda. Gambar ke 3, yang satu ini perlu berhati -hati. Dengan membalik lagi bagian dumbbell dari gambar 2 lalu memutar 90 derajat ke arah kiri dan kanan.
Lakukan sebanyak 20 x dari masing masing lengan. 


Gerakan diatas untuk menguatkan lengan dan tangan kita. Selain lengan dan bagian tangan kita, tentunya saat berkendara, kita selalu mengandalkan juga jari-jemari kita,,,, Untuk mengerem ataupun untuk menekan kopling motor trail kita. Maka untuk memperkuat jari-jemari pengendara, perlu dilakukan juga Olah Raga.

Gerakan untuk olah raga jari ini  isa dilakukan dengan :
Angkat kedua lengan menjulur lurus di depan dada membentuk sudut 90 derajat. Kemudian lakukan gerakan mengepal dan membuka bergantian (gerakan meremas) dengan frekwensi 15 x 3 jeda.

Jika kegiatan di atas dilakukan dengan rutin, maka lengan dan jari kita akan selalu siap untuk di ajak mbrasak kapan pun,,,,,  J

Di sadur sebagian dari : www.goesbike.com

Semoga bermanfaat untuk yang mau nDadak mBrasak,,,,!!!

HEIL JAIL,,,,!!!
SAlam SAtu JAlur,,,!!!


Dewan Soro

No comments:

Post a Comment